Wednesday, 14 June 2017

KUY BANDUNG: SURGA TERSEMBUNYI DI BANDUNG l CURUG KERATON CIBODAS


(Febuari 2017) Curug Keraton Cibodas adalah wisata baru di bandung dan belum terlalu banyak di kenal orang. Karena letak curug keraton sangat unik yaitu berada di tengah hutan pinus yang menurut saya cukup tersembunyi. Untuk saat ini sepertinya curug keraton sudah mengganti nama menjadi Curug Luhur Waterfall, karena letak dan nama nya di google maps berganti menjadi Curug Luhur, namun warga lebih mengenalnya dengan Curug Keraton. Dan juga sesuai pertanyaan yang saya berikan pada seorang nenek, ia mengatakan bahwa curug ini belum lama alias masih baru 6 bulan dijadikan tempat wisata. Meskipun baru di resmikan sebagai tempat wisata, namun curug ini sepertinya sudah lama berada di tengah hutan, dan ia pula mengatakan curug ini ditemukan oleh bapak2 yang sedang bekerja disana. Meskipun begitu, bahkan warga di daerah sana pun banyak sekali yang belum mengunjungi curug ini (Soalnya saat saya baru sampai di parkiran pas balik dari curug, ibu2 dan kakek2 disana ingin melihat hasil foto saya dan teman saya, mereka sangat ingin tau seperti apa curug keraton itu).


Meskipun curug keraton adalah wisata baru, namun anda jangan khawatir akan sarana dan prasarana di tempat ini. Karena letaknya di tengah hutan pinus, maka kita hanya dapat parkirkan kendaraan di lokasi parkir saja, setelah itu saya dan teman saya harus berjalan kaki lagi kurang lebih selama 30 menit. Dan di tengah hutan pinus tersebut sudah di beri jalan untuk kaki kita berpijak (Azeek).  Dan saya akui curug keraton ini memiliki fasilitas yang sangat-sangat lengkap. Tapi untuk para traveler yang lebih penting adalah spot foto kan :D ? Jangan khawatir akan hal itu, karena di curug keraton ini memiliki banyak banget spot foto lain nya loh :D

Saya sebutnya SKY TREE
 Layout hati area Api Unggun

 
 Playground (Hammock, Ayunan dan Perosotan dari bambu)

Playground (Jungkat Jungkit Batang Pohon)

Tempat duduk ria sambil menikmati makanan yang dijual lengkap di warung

Dan masih ada lagi sungai kecil yang sepertinya dapat di nikmati dengan ban serta diatas juga sepertinya masih ada curug/ sungai juga apa gak salah ya (Saya tidak sempat naik hehe) 

Sedikit Cerita, dibaca ya guys PENTING ini :
Jadi saya dan teman saya mengunjungi curug keraton menggunakan kendaraan bermotor, dan kami juga sama sekali tidak tahu lokasi curug ini, maka dari itu kami menggunakan Google maps. Dan setelah sampai ditujuan yang kami lihat hanya jalan masuk hutan yang mengapit kecil. Disana kami bertanya kepada warga, dan warga disana mengatakan bahwa untuk menuju curug keraton, kami harus berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit. Dan yang saya bingung, di tempat itu sama sekali tidak seperti di tempat wisata, karena disana hanya ada beberapa rumah warga saja, dan sisanya jalan kecil menuju hutan. DAN TERNYATA kami salah jalan masuk haha, mereka bilang untuk ke curug ini lebih mudah masuk dari jalan yang ada supermarket, namun kami tidak tahu dimana letak yang mereka maksud, karena sudah terlanjur, yasyudahlah kami lanjutkan saja. 
DAN warga disana sangat baik dan penolong sekali, mereka menawarkan kami memarkirkan 2 motor kami di rumah mereka. YANG LEBIH PENTING LAGI, mereka memanggilkan seorang bapak yang kebetulan bekerja di sana sebagai petani apa gak salah ya hehe, dan kami sangat senang sekali karena kami di beri kemudahan dan di anterin juga untuk menuju curug keraton hehe. Dan kami berjalan berempatan saja (Termasuk si bapak) di tengah hutan pinus yang masih sangat alami dan sangat tidak membosankan, jujur ini sangat seru loh, berasa hutan milik sendiri :D memang agak susah kalo belum tau arahnya, Dan senang sekali ketika sampai disana masih jam 10 pagi dan masih sepi sekali haha (Ini karena hari biasa loh :D ) .
Tetapi saat pulang kami hanya bertiga saja karena si bapak lanjut kerja disana, dan mudah sekali rasa nya di tengah hutan pinus serta sudah hafal jalan keluar :D. 

 Perjalanan di tengah hutan pinus bersama bapak yg saya maksud diatas
 
Pemandangan tengah hutan ala Twilight :D Inisih mantap! (No effect gan haha)
 Jalur wisata arah Curug

Nah jadi setelah melewati tengah hutan, kemudian kami tembus juga dijalur khusus wisata nya. Yang apabila anda datang dari arah yang benar, maka jalur inilah yang akan anda lewati.

How Much ?
Kebetulan kami datang dihari biasa dan masih sangat sepi, tidak ada yang meminta restribusi atau bayaran apapun kepada kami (hihi i'm so happy :D ) Terima Kasih so much untuk curug keraton dan warga sekitarnya.
Yang saya tau biayanya adalah
Tikert Masuk : IDR 5000
Playground : IDR 5000
Sky Tree : Apaga salah IDR 2000/ 3000
Tiket Parkir Motor : IDR 5000 

Getting There :
Ada dua cara untuk menuju curug keraton, cara pertama yaitu yang sudah saya jelaskan diatas. dan cara kedua nya saya mendapatkannya dari http://wisatalova.com/curug-keraton-cibodas-lembang/
"Cara yang paling mudah adalah dengan berangkat dari Pasar Panorama yang ada di Kota Lembang. Ikuti petunjuk jalan yang mengarah ke Maribaya, setelah anda melewati kebun begonia dan air panas maribaya teruskan perjalanan Anda menuju Desa Cibodas.
Setelah melewati the lodge, terukan perjalanan hingga melewati 2 minimarket yang ada di sisi jalan. Tidak jauh setelah melewati minimarket kedua, anda akan bertemu perempatan jalan, ambil jalan ke arah kiri. Ikuti saja jalan tersebut menuju ke arah hutan pinus, jika tidak berhasil menemukan lokasi. anda bisa bertanya kepada warga setempat dimana lokasi curug keraton."

Tips :
1) Safety first! jangan selfie terlalu extrim

2) Usahakan datang tidak terlalu sore ya, minimal sampe disana sekitar jam 10 pagi dan maksimal sampe sana jam 2 siang ya biar baliknya gak gelap dan gak terlalu rame juga hehe

3) Isi bensin kendaraan full ya, hehe
4) Bawa uang cash dari penginapan kamu, soalnya jarang bgt atm
5) Buat yang sepatunya gamau kotor, silahkan membawa sendal, soalnya disana perjalanannya masih tanah
6) Membawa air minum untuk perjalanan di tengah hutan hehe 

Address :
Curug Luhur Waterfall, Jl. Suntenjaya, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391


Video Perjalanan dan Curug:

Klik link dibawah, Blog lagi gak bisa post video :(
https://youtu.be/cqS4tyadqbw


No comments:

Post a Comment